10 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas

Hallo sahabat Eza Reload, Pada Artikel yang Shobat baca kali ini dengan judul 10 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Shobat baca dan ambil informasi di dalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi, yang kami tulis ini bisa Shobat pahami. baiklah, selamat membaca.

10 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas
Source: EzaReLoad.Com

Membeli Laptop Bekas sama halnya seperti smartphone, laptop pun ada yang dijual saat sudah tidak digunakan lagi alias bekas pakai.

Secara kualitas, sudah nggak sama lagi seperti laptop baru cenderung menurun tapi belum tentu menurun drastis tergantung bagaimna pemilik merawat laptop tersebut.

Laptop bekas bisa dengan mudah shobat temukan dimana-mana. Di toko komputer, toko online, toko elektronik, bahkan terkadang teman kita pun ada yang menjualnya.

Untuk harganya sendiri cenderung lebih murah dari harga laptop baru.

Inilah 10 tips membeli laptop bekas yang harus kamu ketahui.

Membeli laptop bekas dengan kualitas yang masih bagus itu susah-susah gampang. faktanya masih banyak calon pembeli yang tertipu sehingga ia mendapatkan laptop dengan kualitas yang terlalu buruk.

Agar kejadian itu nggak terjadi pada Shobat, maka dari itu ikutilah beberapa tips berikut sebelum Shobat memutuskan untuk membeli laptop second atau bekas. Apa sajakah itu?

1. Cek Body Laptop

Lihatlah body laptop bekas yang hendak Shobat beli. Apakah masih mulus atau sudah banyak yang lecet? Sangat penting untuk Shobat untuk membeli laptop yang mulus karena menandakan pemilik sebelumnya benar-benar merawat laptopnya dengan baik.

Berbeda halnya apabila bodi laptop terdapat lecet atau keretakan. apabila bodinya sudah rusak atau lecet-lecet, bukan nggak mungkin komponen yang ada di dalamnya juga ikutan rusak. Tapi apabila kerusakannya hanya sedikit mungkin masih dapat dimaklumi.

2. Cek Keyboard dan Trackpad

Selain cek body, bagian keyboard atau papan ketik dan trackpad juga perlu Shobat cek sebelum memutuskan untuki membeli laptop bekas tersebut.

Keduanya memilih fungsi yang sangat penting dan vital, keyboard digunakan untuk mengetik sedangkan trackpad untuk menggerakkan kursor sekaligus sebagai alternatif mouse.

Cara gampang untuk mengecek papan ketik coba gunakan untuk mengetik, apabila nggak ada masalah berarti Keyboard dalam keadaan baik-baik saja.

Sedangkan untuk trackpad, cek pada bagian pointernya apakah dapat berjalan dengan mulus atau tidak. Selain itu coba klik kiri dan klik kanan untuk memastikan keduanya masih berfungsi dengan baik

Jangan membeli laptop apabila Shobat mendapati kedua komponen tersebut sudah dalam keadaan rusak sebagian maupun rusak seluruhnya. Karena bisa merugikan Shobat sendiri

3. Cek Layar dan LCD

Yang nggak kalah penting untuk diperiksa ialah bagian layar dan juga LCDnya. Sebab keduanya menampilkan banyak hal-hal penting mulai dari tulisan, gambar, video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pastikan kedunya dalam kondisi bagus baik saat laptop dihidupkan maupun ketika laptop saatini dimatikan.

Saat laptop hidup, pastikan nggak terdapat bintik-bintik atau warna lain pada wallpaper laptop tersebut. Ketika dimatikan, pastikan nggak ada bintik-bintik atau warna yang berbeda di setiap sudut layar.

Untuk mengecek bagian LCD, cobalah membuka dan menutupnya secara perlahan dan lihatlah apakah ada goresan, gelombang, warna yang berubah atau retakan pada LCD tersebut.

4. Cek Koneksi Nirkabel

Saat ini internet menjadi kebutuhan yang nggak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Laptop biasanya nggak hanya dipakai untuk mengetik saja, tetapi juga dihubungkan dengan wifi agar dapat digunakan untuk browsing.

Aopaapabila Shobat seorang yang menggunakan laptop untuk kebutuhan dunia maya, alangkah baiknya untuk mengecek koneksi nirkabelnya terlebih dahulu.

Caranya dengan menghubungkan ke jaringan wifi, apabila gagal sebaiknya shobst cari laptop lain saja.

5. Cek Baterai dan Charger

Baterai dan charger ialah dua komponen penting yang ada pada laptop. Karena hal itulah sangat penting untuk Shobat untuk mengeceknya guna memastikan keduanya masih berfungsi dengan baik.

Cobalah untuk mencharger laptop tersebut, apabila tidak tersambung berarti ada kemungkinan baterai atau chargernya mengalami kerusakan.

Uji lainnya coba shobat gunakan dengan membuka banyak aplikasi berat. Lihatlah presentase baterai setelah 10 menit, apabila berkurang banyak bertarti menandakan kualitas baterai laptop tersebut dapat dikatakan kurang baik.

6. Cek Garansi

Dalam membeli barang elektronik apapun termasuk laptop sangat penting untuk mengetahui garansinya.

Umumnya ada tiga jenis garansi yaitu garansi resmi, garansi distributor, dan garansi toko. apabila Shobat mau yang terbaik, admin sarankan pilih yang bergaransi resmi.

Sebab garansi tersebut langsung dari produsennya artinya tidak lagi melalui pihak ketiga. Jadi ketika laptop Shobat mengalami kerusakan dan perlu mengklaim garansi, dapat langsung mengajukan ke produsennya.

Untuk itulah kenapa shobat perlu tanyakan tentang garansi kepada penjualnya, apabila nggak bergaransi sebaiknya shobat jangan beli laptop tersebut.

7. Cek Bagian Segel

Periksa bagian segel laptop untuk mengetahui apakah pernah mengalami kerusakan ataukah tidak. Biasanya segel berada di bagian bawah laptop tepatnya di atas baut yang mengunci laptop.

apabila segelnya masih ada, berarti menandakan laptop itu belum pernah diperbaiki sama sekali alias belum pernah rusak.

Atau kemungkinan kedua bisa jadi laptop tersebut pernah diperbaiki namun di tempat service resmi. Tentu hal berikut nggak terlalu menjadi masalah besar karena laptop mau diperbaiki secara totalitas. Kualitasnya jadi baik nggak seperti saat mengalami kerusakan.

8. Cek Harga Pasar

Sebelum shobat membeli laptop bekas pastikan Shobat mengetahui harga baru dari laptop tersebut. Jangan sampai Shobat membeli laptop bekas yang justru harganya dibanderol jauh lebih tinggi dari harga laptop baru, karena hal itu nggak mungkin.

Kualitas laptop bekas jauh dibawah harga laptop baru. Dan Shobat sangat rugi apabila harus mengeluarkan banyak uang untuk kualitas yang sebenarnya nggak terlalu bagus-bagus amat.

Karena hal itulah shobat cari laptop bekas dengan harga di bawah harga laptop baru namun perbedaannya nggak terlalu jauh.

Tidak direkomendasikan membeli laptop dengan harga terlalu murah dan jauh di bawah harga pasaran. Biasanya laptop tersebut memiliki kualitasnya yang kurang bagus.

9.Sesuaikan Kebutuhan

Perlu untuk Shobat ketahui bahwasanya nggak semua laptop itu sama. Dan masing-masing produsen menciptakan laptop juga untuk kebutuhan yang berbeda-beda, ada laptop untuk bisnis, gamers, pendidikan, dan lain sebagainya.

Sebelum shobat membeli laptop bekas pastikan Shobat mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan Shobat. apabila Shobat hanya menggunakan laptop untuk mengetik saja, nggak perlu membeli laptop dengan spesifikasi tinggi, sedangkan apabila Shobat menggunakan laptop untuk bisnis penulis sarankan untuk membeli yang spesifikasi menengah.

Sayangnya masih ada toko-toko yang menipu pembelinya dengan memberikan laptop berspesifikasi tinggi padahal nggak digunakan untuk banyak hal. Alhasil, uang yang dikeluarkan pun jadi terlalu banyak.

10. Jangan Membeli Secara Online

Sama halnya seperti membeli hp second atau bekas. dalam membeli laptop bekas, Admin nggak menyarankan beli secara daring atau online.

Sebab apabila kita membelinya secara online, kita nggak tau mengenai kualitas sebenarnya dari laptop tersebut.

apabila pesan bolehlah secara online, tapi untuk pembayarannya sebaiknya dengan COD (Cash On Delivery) saja dengan penjualnya.

Dengan begitu, sebelum sangat membayar Shobat dapat mengetahui secara jelas tampilan laptop dan mengenai kualitasnya.

Akan mendingan lagi apabila Shobat mengenal penjualnya sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipan.


Penutup

Itulah pembahasan artikel tentang 10 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Shobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>